Selasa, 09 Juli 2013

Mengenal Widget Pada Android OS


apakah kamu pengguna smartphone berbasis android? tentu sudah tidak asing dengan widget yang ada pada sistem operasi smartphone tersebut. tapi tidak ada salahnya jika kita mengenal lebih dalam tentang widget pada android.
contoh widget
Widget Android adalah aplikasi mini yang berjalan pada Layar Awal atau home screen Android. smartphone android dilengkapi dengan beberapa aplikasi mini secara bawaan yang dapat dilihat sekilas atau dapat dipasang di halaman home android, seperti widget google search.
google search widget
Widget pada android dapat berupa memberikan pandangan sekilas pada aplikasi terpasang yang sedang berjalan dengan akses pada informasi yang langsung terhubung pada aplikasi tersebut, pengaturan pada widget yang langsung dapat mengatur pengaturan smartphone itu sendiri, dan sebuah shortcut untuk menjalankan program.
graphic user interface widget
sebuah widget yang sedang berjalan pada android memberikan kita pandangan sekilas pada aplikasi yang berjalan pada latar belakang, tampilan juga mempengaruhi widget. tampilan widget yang sangat besar mungkin dapat mengganggu kenyamanan user dalam menggunakannya, begitu juga apabila tampilan widget terlalu kecil sehingga sulit untuk digunakan


contoh widget jam analog transparan
moreview widget android
ada juga beberapa widget android yang hanya menggunakan control item pada android seperti:
TimePicker view
DatePicker view
ListView view
Spinner view
Gallery view
ImageView

contoh widget button
aplikasi widget tersebut mungkin terlihat sederhana tapi kadang sangat bermanfaat bagi penggunanya dalam mengakses pengaturan langsung pada smartphone-nya.
activity widget android
aplikasi yang sedang berjalan pada android sering disebut dengan activity. widget adalah tampilan mini dari sebuah aplikasi yang berjalan, oleh karena itu widget juga berjalan dengan activity-nya masing-masing, namun activity pada widget cederung tidak diketahui user karena berjalan secara background.


perlu diingat, makin banyak activity maka akan semakin membutuhkan resource yang besar juga. seperti resource dari RAM yang akan habis seiring dengan banyaknya activity yang dijalankan juga dapat mempengaruhi dari kinerja pada baterai android. banyak orang yang mengeluh tentang lemahnya baterai smartphone android mereka, padahal itu bergantung pada pemakaian itu sendiri.

banyaknya activity memperpengaruhi kinerka baterai
webkit widget android
sekilas tentang webkit, seperti namanya webkit adalah tools atau service yang menggunakan web sebagai media informasinya (apps with web-based content).

pada dasarnya ada dua cara untuk mengirimkan atau menggunakan aplikasi pada android. client-side application (menggunakan android SDK dan install pada device sebagai .apk) atau dari web application (aplikasi yang berjalan pada web dan di akses pada web browser).

skema perbandingan client-side dengan webkit dan browser
secara sederhana widget adalah suatu aplikasi mini yang berjalan pada client-side atau aplikasi yang berjalan pada sisi klien bukan pada web-based seperti browser internet. namun dengan webkit developer dapat menggabungkan keduanya, membuat aplikasi client-side yang meng-embeds beberapa web pages.
ketika webkit diterapkan pada widget, maka hasilnya adalah widget yang menampilkan content web pada user interface widget tersebut. ada banyak aplikasi yang bisa dijadikan widget yang informasi dari aplikasi tersebut sebenarnya mengambil informasi dari web berupa RSS. seperti aplikasi berita atau penunjuk cuaca

contoh aplikasi webkit detik.com
demikian beberapa service dan contoh dari widget aplikasi android, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar